• VAKSINASI COVID-19 UNTUK SISWA

    Kamis, September 09, 2021

     Kamis, 10 September 2021 dilaksanakan Vaksinasi Covid-19 untuk Siswa SMAN Balung.

    Acara ini terselenggara sebagai salah satu syarat agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SMAN Balung berjalan dengan lancar serta agar siswa siswi dapat terhindar dari infeksi virus di masa pandemi ini. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 700 siswa SMAN Balung serta warga sekitar yang dimulai sejak jam 08.00 sampai dengan jam 16.00. 


    Alhamdulillah, kegiatan vaksinasi siswa SMABA berjalan lancar dan aman.

    Siswa bisa mendapatkan vaksin di sekolah, tentu ini membuat siswa merasa aman dan senang dlm proses vaksinasi, ibaratnya divaksin di rumah sendiri bersama org2 yg dikenal. Semuanya tertib, taat prokes, dan kooperatif.

    Para nakes bekerja totalitas dan penuh dedikasi. Yg membuat haru, bahkan saat break siang mereka hanya sholat lalu berangkat bekerja lagi. Mereka memilih lanjut bekerja ketimbang makan nasi kotak yg kita sediakan. Nasi dan kue mereka bawa pulang saat acara selesai. Ya Alloh, perjuangan mereka tiada tara. Semoga selalu sehat dan mendapat kemudahan dan kemuliaan. ❤️❤️

    Bapak2 Polisi, dan Bapak2 Tentara guyub mengawal kegiatan mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore kegiatan selesai. Salut, dan penghargaan dari kami.

    Yg sangat membanggakan rekan2 guru dan karyawan SMABA yg bekerjasama demi suksesnya acara. Panitia, dan bahkan yg bukan panitiapun, juga wali kelas dgn rela bekerja membantu sepanjang hari. Gusti Alloh Pengeran, mugi tansah paring asih kagem panjenengan sedoyo. Bagas waras sak keluargo. 

    Maturnuwun sanget Ibu Bapak sedaya. Kawula nyuwun agunging pangaksami 🙏🙏🙏

    - Sri Sulistiyani (Waka Kesiswaan SMAN Balung)


    Manfaat vaksinasi covid-19 ini antara lain:

    1. Mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat 

    Dalam dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang diunggah dalam laman resmi Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI, dijelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 memang tidak membuat kita 100 persen kebal dari Covid-19. Tapi, vaksinasi Covid-19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika kita tertular Covid-19. Baca juga: 10 Penyebab Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Bukan Hanya Gejala Covid-19 Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Vaksinasi terjadi biasanya dengan pemberian vaksin. Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona. 

    2. Melindungi orang lain 

    Vaksinasi Covid-19 bisa mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain. Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Baca juga: 7 Cara Mencegah Penularan Virus Corona Varian Baru Menurut Ahli Kekebalan kelompok merupakan situasi di mana sebagian besar masyarakat terlindung atau kebal terhadap penyakit tertentu sehingga menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect), yaitu turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi. Kondisi tersebut hanya dapat tercapai dengan cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata. Sebagian besar ahli percaya setidaknya butuh 70 persen dari populasi untuk divaksin demi mencapai kekebalan kelompok. 

    3. Menghentikan penyebaran Covid-19 

    Pada dasarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, tetapi juga dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri. Tujuan vaksinasi ini kiranya juga disematkan untuk penyakit Covid-19 akibat virus corona. 

    4. Membantu melindungi generasi selanjutnya 

    Manfaat vaksin Covid-19 salah satunya adalah mencegah virus corona menyebar dan bereplikasi, yang memungkinkannya bemutasi dan mungkin menjadi lebih kebal terhadap vaksin. Dengan menurunkan laju infeksi Covid-19 dan memutus mata rantai pandemi Covid-19, kita pun dapat melindungi generasi selanjutnya dari penderitaan panjang terinfeksi penyakit ini. Hal ini terbukti dari catatan sejarah yang sudah terjadi. Dulu ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus bisa menyebabkan banyak mematikan. Dengan adanya vaksin, penyakit dapat dikendalikan. Jadi kita adalah generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi sebelumnya.

    (https://health.kompas.com/)











    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

SMAN Balung
Jl. PB. Sudirman no. 126
Balung, Kab. Jember
Telp: (0336) 622577
email: info@sman1balung.sch.id

copyright 2020