• Siswi SMAN Balung Raih Juara 3 Kompetensi Monolog

    Maret 15, 2022

    TUNJUKKAN KREATIVITAS BERBAHASA, SISWA SMA NEGERI BALUNG 

    RAIH JUARA 3 KOMPETISI MONOLOG TIKTOK

    Diashe Ayundha Saputri, siswi kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Balung, berhasil mengharumkan nama SMA Negeri Balung dalam Ajang Kompetisi Sastra Indonesia (AKSI) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Himabin) Universitas Muhammadiyah Jember Tahun 2022 pada tanggal 14 Maret 2022. Kompetisi yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini diikuti oleh siswa-siswi SMA Sederajat Regional Jawa Timur dan Bali. Tema yang diusung untuk Lomba Monolog Tiktok tahun ini adalah “Penerapan Bahasa Indonesia sebagai bahan generasi Z”. 

    Sesuai dengan tema yang diusung, Diashe Ayundha  memberikan judul “Eksistensi Bahasa Indonesia pada Era Generasi Z” di video monolog dalam lomba AKSI. Video berdurasi tiga menit itu tampaknya mampu menarik hati para juri. Selain itu, dalam monolog tersebut, perempuan yang aktif dalam ekstrakurikuler Teater Topenk ini memang mampu memberikan gambaran tentang pentingnya penerapan Bahasa Indonesia pada generasi Z. Seperti yang kita ketahui sekarang, generasi saat ini kesulitan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar karena memiliki karakteristik mudah menerima budaya asing. Sesuai dengan pendapat Siti Nur Aeni bahwa Generasi Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lain. Dalam K- JTP: Vol. 06, No.01, dijelaskan bahwa gen Z memiliki karakter yang menggemari teknologi, fleksibel, lebih cerdas, dan toleran pada perbedaan budaya. Generasi ini juga terhubung secara global dan berjejaring di dunia virtual. Meskipun terkenal open minded, namun generasi ini juga diketahui memiliki karakter yang menyukai budaya instan dan kurang peka terhadap esensi privat. (Sumber:https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6226d6df12cfc/memahami-karakteristik-dan-ciri-ciri-generasi-z)

    Video Monolog Tiktok dari Wanita kelahiran Jember, 16 September 2004 ini dapat ditonton di link  https://vt.tiktok.com/ZSdestqHV/. Semoga dengan prestasi ini, siswa-siswi SMA Negeri Balung semakin terpacu untuk berkarya dan berprestasi. 





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Agenda Sekolah